Buka Puasa Pemko Batam dengan Anggaran Rp1,2 Miliar Dibatalkan

Jefridin Hamid
Sekda Kota Batam, Jefridin Hamid. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Pemerintah Kota (Pemko) Batam batalkan kegiatan buka puasa bersama seluruh ASN dan pegawai di lingkungan Pemko Batam. Sebelumnya agenda buka puasa bersama itu rencananya akan digelar pada 1 April 2023 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin mengatakan pembatalan buka puasa ini menindaklanjuti kebijakan Presiden Joko Widodo, dimana pada kegiatan ini Pemko Batam telah menyiapkan anggaran sebesar Rp1,2 miliar.

“Kebijakan untuk buka puasa bersama dengan anggaran yang telah disiapkan, telah dibatalkan oleh Wali Kota Batam. Agenda buka bersama yang direncanakan, nantinya akan digelar di rumah pimpinan,” jelasnya melalui sambungan telepon, Senin (27/3/2023).

Baca juga: IKA PMII Kepri Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama Gubernur Ansar

Dengan total anggaran yang telah disiapkan, Jefridin menerangkan hal ini mencakup biaya konsumsi per orang yang mencapai angka Rp110 ribu dengan menu prasmanan.

Jefridin juga menegaskan bahwa perhitungan ini telah sesuai dengan Standar Satuan Harga (SSH).

“Biaya makan per orang untuk menu prasmanan dihitung Rp110 ribu per orang. Ini sudah sesuai dengan SSH yang ditetapkan,” lanjutnya.

Dalam rencana tersebut, Pemko Batam memperhitungkan jumlah tamu undangan yang akan hadir dalam agenda buka bersama pimpinan.

Ditargetkan pada pelaksanaan buka bersama Walikota Batam akan dihadiri oleh 8 ribu orang. Sementara pelaksanaan buka bersama Wakil Walikota Batam, ditargetkan akan dihadiri oleh 6 ribu orang.

Saat ini, atas kebijakan pembatalan ini, pihak penyelenggara diakui telah mengembalikan anggaran tersebut kembali ke kas daerah. Apabila dana anggaran tersebut tidak dialihkan untuk kegiatan lain di bulan Ramadan 1444 Hijiriah.

“Untuk anggaran yang sudah disiapkan tersebut, jika memang tidak digunakan akan dikembalikan ke kas daerah. Bisa saja dialihkan, namun belum sekarang. Mungkin di anggaran perubahan nanti dibahas kembali terkait pengalihan anggaran buka puasa ini,” ujarnya.

Terpisah Kepala Bidang Humas Pemko Batam, Nahar Febri mengatakan penetapan anggaran sudah sesuai dengan SSH. Untuk biaya konsumsi, pihaknya mengaku telah menganggarkan Rp742 juta.

Dalam rinciannya, volume tamu untuk di kediaman Walikota Batam tertulis bagi 8 ribu orang, dengan rincian 2 ribu orang warga Kota Batam, dan 6 ribu orang merupakan ASN mulai dari Kepala Daerah hingga eselon I.

Hal serupa juga terhitung untuk pelaksanaan di kediaman Wakil Walikota Batam, yang ditargetkan akan menggunakan anggaran Rp481 juta dengan total tamu 6 ribu orang.

Jadi segitu lah nilainya, belum lagi biaya lain seperti penyewaan tenda bagi tamu dan biaya lain-lain,” paparnya. (Nando)