Berusia 197 Tahun, Hari Jadi Karimun Ditetapkan Tanggal 1 Mei

Berusia 197 Tahun, Hari Jadi Karimun Ditetapkan Tanggal 1 Mei (alurnews.com)

AlurNews.com, Karimun – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau menggelar rapat paripurna dalam agenda pengesahan Hari Jadi Kabupaten Karimun.

Diketahui, Hari Jadi Kabupaten Karimun telah ditetapkan pada tanggal 1 Mei. Pengesahan hari jadi tersebut ditetapkan melalui Peraturan Daerah (Perda) Karimun.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) DPRD Karimun, Sulfanow Putra menjelaskan, penetapan hari jadi Kabupaten Karimun ini setelah adanya rapat pansus dalam sidang paripurna yang disetujui oleh seluruh fraksi-fraksi di DPRD Karimun.

“Setelah melalui berbagai tahapan dan telah disepakati serta disetujui menjadi Perda, maka setiap tanggal 1 Mei akan diperingati sebagai Hari Jadi Kabupaten Karimun,” kata Sulfanow, Rabu (26/6/2024).

Menurut dia, berdasarkan hasil kajian dan histori sejarah yang dilakukan, diketahui bahwa Karimun telah terbentuk sejak 1 Mei 1828 lampau.

Hal tersebut juga diperkuat dengan banyak bukti sejarah yang ditemukan sehingga Karimun saat ini telah berusia 197 tahun.

“Perjalanan yang dilakukan dengan waktu cukup panjang dan bukti arsip yang ada maka usia Karimun saat ini telah menyentuh 197 tahun,” terangnya.

Kegiatan paripurna yang digelar di Balai Rong Sri DPRD Kabupaten Karimum itu turut dihadiri dari berbagai Ormas dan OKP yang tergabung dalam Aliansi Boedak Balai Bersatu.