Bisa Dicoba di Rumah, Ini 5 Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Ilustrasi. Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga. Foto: Freepik

AlurNews.com – Apakah ada cara menurunkan berat badan tanpa olahraga? Sebab aktivitas olahraga kadang membuat orang malas, sementara hasrat untuk menurunkan berat badan kian menggebu-gebu.

Jawabannya mungkin bisa-bisa saja Anda menurunkan berat badan tanpa olahraga. Hanya saja, dibutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan hasilnya.

Olahraga sendiri sebenarnya berfungsi untuk meningkatkan proses metabolisme tubuh. Dengan proses metabolisme yang baik, berat badan bisa turun dengan cepat.

Hanya saja, terkadang dibutuhkan niat yang kuat untuk berolahraga. Rasa lelah usai berolahraga seolah jadi bayang-bayang yang menakutkan.

Namun, kabar baiknya ada beberapa cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Berikut beberapa cara yang bisa dicoba, merangkum berbagai sumber.

  1. Perbanyak sayuran
    Kandungan serat dalam sayur dibutuhkan untuk proses penurunan berat badan. Serat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama hingga mencegah makan berlebih setelahnya.

Selain sayur, Anda juga bisa memperbanyak asupan biji-bijian dan kacang-kacangan sebagai camilan.

  1. Biasakan makan tanpa distraksi
    Tayangan televisi biasanya kerap dijadikan teman makan. Padahal, kebiasaan ini merupakan pilihan yang salah.

Coba makan dengan penuh kesadaran dan perhatian. Hindari makan sambil menonton televisi.

Alih-alih menonton televisi, rasakan dan perhatikan setiap makanan yang masuk ke dalam mulut. Kunyah makanan secara perlahan agar dapat dicerna dengan baik.

  1. Hindari yang manis-manis
    Hindari makanan dan minuman manis. Jika pun ingin, batasi penambahan gula di dalamnya.

Kandungan gula dapat mengganggu proses penurunan berat badan. Alih-alih bikin langsung, makanan dan minuman manis justru bisa membuat tubuh semakin melar.

  1. Banyak minum air putih
    Alih-alih minuman manis, sebaiknya pilih air putih untuk memuaskan dahaga.

Selain itu, minum air putih juga bisa membuat tubuh merasa kenyang.

  1. Tidur berkualitas
    Tidur punya peranan penting dalam kesehatan secara menyeluruh, termasuk proses penurunan berat badan. Jadi, jangan anggap sepele kebiasaan tidur.

Tidur kurang dari 5 jam per malam dapat meningkatkan berat badan hingga 14 kilogram (kg). Hal yang sama juga bisa terjadi jika Anda tidur berlebihan atau lebih dari 8 jam per malam.

Tidur berkualitas juga dapat mencegah Anda merasa lapar di malam hari yang dapat meningkatkan berat badan.

Anda disarankan untuk mendapatkan tidur berkualitas selama 6-8 jam per malam.

Demikian beberapa cara menurunkan berat badan tanpa olahraga. Akan lebih baik jika Anda mengkombinasikan cara-cara di atas dengan aktivitas fisik ringan di waktu senggang. (ib)